Solusi Ultrachem

WATERPROOFING

Indonesia adalah negara yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan permasalahan kebocoran dan rembesan yang sangat mengganggu aktifitas baik itu di rumah tinggal, pabrik dan gedung bertingkat. Keretakan setipis rambut pun sudah cukup membuat dinding atau plat beton ditembus air baik itu air hujan atau air dari bawah tanah. Belum lagi adanya penurunan kualitas bangunan yang disebabkan oleh human error (ketidak sempurnaan pelaksanaan pekerjaan). Untuk itu dibutuhkan bahan Waterproofing yang berfungsi sebagai pelapis antibocor yang kedap air, elastis, kuat melekat, tahan cuaca dan mudah diaplikasikan.

 

Ultrachem® hadir untuk membantu mengatasi permasalahan kebocoran dan rembesan dengan memproduksi bermacam-macam jenis waterproofing:

  • Untuk area struktur bangunan seperti basement kita memiiki Ultrachem® Integral sebagai penutup celah-celah pori beton didampingi dengan Ultrachem® Waterstop sebegai pelindung sambungan pengecoran.

  • Untuk area-area seperti kamar mandi, kolam renang, balkon dll, kami memiliki Ultrachem® Hyper dan Ultrachem® Super.

  • Untuk mengatasi masalah perembesan air dari dinding rumah anda kami memiliki Ultrachem® Gold.

  • Untuk area dag beton atau atap rumah dari beton, kami memiliki Ultrachem® Membrane dan Ultrachem® Bitumen.

  • Untuk area roof garden kami memiliki Ultrachem® Polyurethane.

GROUTING

Seperti yang terdapat dipasaran pada umumnya, mortar semen yang dijual adalah mortar semen yang standar mutunya. Padahal kita juga membutuhkan mortar semen mutu tinggi yang memiliki kelebihan kuat tekan yang sangat tinggi mencapai K600 dan bersifat tidak susut. Ultrachem® memiliki beberapa jenis Grouting yaitu Ultrachem® Grout CB dan Ultrachem® Grout EM230. Kedua jenis grouting tersebut diatas berfungsi sebagai mortar pengisi adukan, mortar untuk sparing pipa, mortar untuk mengisi rongga-rongga seperti lubang pada struktur beton, celah dibawah kaki kolom baja, angkur baut dan perbaikan keropos pada beton. Sedangkan untuk keretakan atau celah kecil, Ultrachem® memiliki Ultrachem® Grout IC, Ultrachem®Grout IA dan Ultrachem® Grout EI yang diaplikasikan secara sistem injeksi.

FLOORING

Pada area tertentu seperti lantai parkir, carport, gudang, pabrik, area bongkar muat dan lain-lain, lantai beton memerlukan perkerasan yang lebih kuat untuk membuatnya tahan lama sehingga tidak terjadi kerusakan atau hancur karena beban atau gesekan yang berlangsung secara terus menerus. Untuk itu dibutuhkan bahan kimia Flooring yang memiliki sifat anti aus, lantai lebih kuat apabila dilalui oleh kendaraan atau beban berat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, Ultrachem® memproduksi Ultrachem® Floor Hardener.

Untuk area yang membutuhkan pengeras lantai namun butuh permukaan yang mudah dibersihkan dari kotoran kami menyediakan Ultrachem® Floor Epoxy.

CONCRETE REPAIR

Pada tahapan proses pembangunan sering terjadi ketidak sempurnaan hasil pekerjaan yang terjadi pada proses pelaksanaan yang berhubungan erat dengan human error seperti timbulnya keropos dan honey comb. Untuk mengatasi hal tersebut Ultrachem® memberikan solusi dengan menggunakan produk Ultrachem®Crete PM dan Ultrachem® Crete RM.

BONDING AGENT

Seringkali pada saat kita melakukan pengecoran beton, kita menemui adanya cold joint dimana hal tersebut akan mengakibatkan sambungan beton tidak sempurna, maka kami menyiapkan Ultrachem® Bond PVA dan SBR untuk mengatasinya.

Terkadang juga diproyek membutuhkan sebuah lem penyambung besi dan beton yang sudah keras karena ditujukan aka adanya penambahan struktur. Untuk memenuhinya kami menyiapkan Ultrachem® Bond EP sebagai solusinya.

LIQUID CURING

Umur beton dikatakan sudah stabil setelah 28 hari, selama beton belum cukup umur diperlukan perawatan untuk menghindari terjadinya keretakan atau rusaknya beton. Apalagi mengingat Indonesia termasuk Negara tropis sehingga factor penguapan sangat berpengaruh. Untuk itu diperlukan bahan curing compound untuk mencegah permasalahan tersebut diatas. Ultrachem® mengeluarkan bahan-bahan curing compound sebagai bahan kimia yang berfungsi untuk mengurangi penguapan yang terjadi pada beton. Ultrachem® Cure WB berbahan dasar air dan Ultrachem® Cure SB berbahan dasar solvent.

Mortar Finishing

Pada saat kita membangun sebuah rumah ataupun pabrik dsb, ada kalanya kita akan membuat sebuah plesteran dan acian untuk merapihkan permukaan pasangan bata dalam bangunan kita. Ultrachem® menghadirkan Ultrachem® Plester dan Ultrachem® Plester Halus sebagai solusinya.

Dan untuk pasangan keramik lantai kita sudah menyiapkan Ultrachem® Tile Adhesive untuk membantu anda.

Thermocouple

Struktur dengan volume beton yang besar atau disebut juga dengan mass concrete adalah istilah pengecoran beton yang dilakukan secara terus-menerus pada suatu struktur ( biasanya pondasi ) dengan volume beton yang cukup besar ( umumnya diatas 1000 m³).

Pada mass concrete akan menimbulkan beberapa masalah, diantaranya panas yang terdapat di dalam struktur beton tidak dapat dilepaskan dengan cepat, dan adanya perbedaan temperatur yang besar antara bagian tengah dan bagian permukaan struktur beton. Perbedaan temperatur selama proses curing tersebut dapat menimbulkan terjadinya retak di permukaan struktur beton.

Untuk mengetahui karakteristik dari suhu beton, maka diperlukan suatu kontrol temperatur dari beton. Hal ini bermanfaat agar kita bisa mengetahui temperatur beton dibeberapa tempat dan dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk melepas insulator. Untuk itu maka dipasang thermocouple di beberapa titik sebagai indikator suhu beton di lokasi tersebut.

Pemasangan sensor suhu akan ditempatkan pada 3 titik vertical seperti atas, tengah dan bawah beton pada setiap tiang thermocouple. Monitoring dilakukan rutin hingga suhu beton dianggap normal.